Mengapa Alloh swt Terkadang Menyebut Dirinya “We” dan “He”?

Saya pernah berpikir Alloh swt berjenis kelamin laki-laki sebagaimana melihat terjemahan Alqur’an yang terkadang menuliskan sebagai “He”. Ternyata ada orang yang bukan penutur bahasa Arab sependapat dengan saya.

Dalam #IDW2019, ustadz Nouman Ali Khan menyebutkan bahwa “He” dalam bahasa Arab mempunyai arti lain yakni tidak bergender selain merujuk pada jenis kelamin laki-laki. Pak Nouman menjelaskan oleh sebab itulah kebingungan apakah Alloh swt berjenis kelamin laki-laki atau tidak hanya dirasakan oleh mereka yang bukan penutur bahasa Arab.

Selain itu, terkadang dalam terjemahan bahasa Inggris, Alloh swt disebut sebagai “We”. Apa itu artinya Alloh swt lebih dari satu? Atas pertanyaan ini, ustadz Nouman Ali Khan menjelaskan bahwa kata “We” lazim digunakan oleh orang Arab untuk menunjukkan otoritasnya. Biasanya kata “We” dipakai dalam kalimat formal dan meski yang mengucapkannya satu saja. Dengan demikian, kata “We” tidak ada hubungannya dengan jumlah Alloh swt yang lebih dari satu melainkan lebih merujuk pada sifat unik-Nya yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s